Volkswagen Tiguan X: Si Bongsor Bertampang Coupe
Posted on October 10, 2020

Kalau di Indonesia Volkswagen baru memperkenalkan Tiguan All Space, di China mereka sudah memamerkan Tiguan X. Crossover berdarah Jerman yang lahir di China ini memiliki tampang layaknya Coupe.

Dikutip dari motortrend, model terbaru Volkswagen Tiguan sudah mulai dipamerkan di Beijing Motor Show. Agak berbeda dengan desain sebelumnya, Tiguan X ini lebih kece dan punya kesan sporty kuat dengan gaya coupe. Hal tersebut sangat terlihat pada garis tubuh dan bagian atap yang terkesan memotong ruang kargo dan menghilangkan baris ke-3.

Memang tidak dijelaskan mesin apa yang ditawarkan Volkswagen Tiguan X ini. Mungkin saja Volkswagen bakal menyematkan mesin yang lebih oke dari versi standar yang ada saat ini, yakni mesin 2.0 liter turbocharged yang mampu menyemburkan 184 tenaga kuda.

Volkswagen Tiguan X ini, yang akan dirilis pada 2021, hanya akan diproduksi dan dipasarkan di China saja.

Buat penggemar VW di negara lain, keputusan menjual Tiguan X hanya untuk pasar China agak disesalkan. Namun strategi ini dinilai sebagai langkah yang tepat, lantara Tiguan X dianggap bisa membunuh model Volkswagen lainnya seperti pada model Atlas Cross Sport, terutama di pasar Amerika Serikat.

Tiguan X ini dibangun menggunakan basis Tiguan facelift. Tak mengherankan kalau pada beberapa bagian terdapat kemiripan yang identik. Yang terasa berbeda tentu saja saat disimak dari bagian sisi, di mana desain coupe terlihat jelas.

Pada bagian belakang, Tiguan X memakai taillights yang berbeda dibanding Tiguan reguler. Untuk ukuran fisiknya, Tiguan X memiliki panjang 4.764 mm, lebar 1.859 mm, dan tinggi 1.628 mm. Sementara wheelbasenya merentang selebar 2.791 mm.