SUV Listrik Baru Volkswagen ID.4 Membuka Diri Melawan Tesla di AS
Posted on September 26, 2020


Anak perusahaan Volkswagen AG AS pada Rabu (23/9/2020) mengungkapkan mobil listrik sport ID.4.

Harga yang telah ditetapkan untuk membuka front baru dalam persaingan dengan Tesla Inc dan pembuat mobil listrik lainnya.
Jarak mengemudi ID.4 kurang dari SUV kompak listrik Model Y Tesla, yang menawarkan jarak lebih dari 300 mil (483 km) antar pengisian daya.

Tetapi Volkswagen berharap untuk mengimbangi itu dengan menawarkan ID.4 dengan harga yang lebih rendah daripada Tesla Model Y.
Pelanggan dapat memperoleh keuntungan lebih lanjut dari subsidi kendaraan listrik federal dan negara bagian yang tidak lagi memenuhi syarat Tesla.
ID.4 awalnya akan dijual dengan harga $ 39.995 dan akan menjadi sekitar $ 5.000 lebih murah setelah perusahaan mulai membangunnya di Amerika Serikat, kata Volkswagen.

Sebagai perbandingan, Tesla Model Y dibandrol 49.990 dolar AS dan Model X SUV hadir dengan harga 79.990 dolar AS dan sedan Model 37.990 dolar AS. CEO
Tesla Elon Musk Selasa mengatakan akan untuk membangun mobil listrik seharga 25.000 dolar AS< tetapi itu tiga tahun lagi.
Keluarga ID merupakan bagian integral dari rencana ambisius merek Volkswagen asal Jerman untuk membangun 1,5 juta kendaraan listrik setahun pada tahun 2025.
Di pasar AS, ID.4 juga ditujukan untuk mengembalikan Volkswagen ke dalam daftar belanja konsumen yang dimatikan oleh skandal kecurangan emisi diesel.
ID.4 akan menjadi SUV kompak listrik pertama yang dapat dijual dengan harga sekitar 35.000 dolar AS.

Ditujukan untuk segmen menangah dengan rata-rata harga dibawah pasar AS,, kata Kepala Volkswagen of America Scott Keogh kepada Reuters.
"Kami menginginkan volume," kata Keogh.

Dikombinasikan dengan tiga tahun pengisian gratis di jaringan Electrify America, dealer Volkswagen akan dapat menawarkan ID.4 dengan harga ribuan dolar lebih murah daripada Tesla Model Y.
"Kami ingin memastikan tidak hanya apakah kami memiliki jangkauan yang memadai, tetapi apakah kami memiliki titik harga?" Kata Keogh.
Peluncuran ID.4 juga akan menguji dealer Volkswagen di AS.
Produsen mobil tersebut meminta mereka untuk berinvestasi di stasiun pengisian daya dan infrastruktur lainnya, dan mencoba membangun kemampuan penjualan online untuk kendaraan listrik.
ID.4, yang akan dirakit di Amerika Serikat mulai tahun 2022, merupakan bagian dari keluarga kendaraan listrik yang diharapkan mencakup reinkarnasi van Microbus VW yang populer.
"Saya ingin tentara sukarelawan, bukan wajib militer," kata Keogh.
Dia memberi pesan kepada para dealer pada pertemuan di Chattanooga, Tennessee, November lalu.

Hampir semua dealer VW di AS telah setuju untuk melakukan investasi yang dibutuhkan, katanya.
John Luciano, kepala dewan dealer AS Volkswagen, mengatakan bahwa dealer yang memanfaatkan subsidi pembuat mobil untuk biaya iklan dapat mengimbangi investasi dalam pengisian infrastruktur dan peralatan lainnya.
"Jika Anda benar-benar memperhatikan, tanpa biaya," kata Luciano, pemilik toko Volkswagen dan Toyota di Amarillo, Texas.