Kencan Lagi Dengan VW Tiguan Allspace Di November
Posted on November 14, 2020

Beberapa waktu lalu OtoDriver sudah pernah mengulas VW Tiguan Allspace. Khusus di bulan November ini ada dua hal istimewa yakni Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November dan Hari Ayah Nasional yang jatuh pada 12 November. Antara pahlawan dan ayah ada hubungan yang erat di antara keduanya, di mana seorang ayah adalah pahlawan bagi keluarganya.

Berbincang mengenai pahlawan, sebuah mobil pun dapat disematkan julukan tersebut. Seperti halnya VW Tiguan Allspace, sebuah SUV Jerman rakitan Indonesia yang mampu memenuhi berbagai kriteria untuk menjadi pahlawan bagi keluarga Indonesia.

Tiguan Allspace memang bukan produk mainstream di pasar lokal. Namun SUV ini memberikan pilihan menarik tak hanya karena statusnya sebagai SUV 7 penumpang, namun juga menawarkan segudang fitur menarik standar Jerman.

Mulai dari mesin, mobil yang diageni oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) ini dibekali dengan mesin 1.4 TSI dengan letupan daya 150 hp serta torsi 250 Nm. Performa ini diakurkan dengan girboks otomatis 6-speed kopling ganda (DSG) plus triptonic. Komposisi ini mampu menyuguhkan   kemampuan berakselerasi 0 – 100 km/jam dalam waktu 9,5 detik, dan kecepatan puncak hingga 202 km/jam. Pengendaraan Tiguan All Space didukung fitur Adaptive/Dynamic Chassis Control (DCC) yang memberikan pilihan mode pengendaraan sesuai dengan kebutuhan pengemudi, dan menjadikan sistem peredaman suspensinya beradaptasi secara elektronik sesuai dengan pilihan pengendara.

Walaupun berstatus sebagai kendaraan 7 penumpang, namun jangan terlalu berharap bahwa baris ketiga mobil memberikan cukup ruang lega bagi penumpang dewasa. Ruang ini tergolong cukup lega untuk digunakan anak-anak.

Kondisi ini terlihat kontras dengan baris pertama dan kedua, di mana pada bagian ini memberikan cukup kelegaan pada penghuninya. Pada baris pertama ruang kaki cukup lapang dan bagi pengemudi cukup punya pilihan posisi yang pas berkat pengaturan bangku ataupun lingkar kemudi dengan tilt steering dan juga pengaturan telescopic.

Sementara penumpang di bangku kedua mendapatkan posisi duduk cukup baik khususnya untuk penumpang di bagian kiri maupun kanan. Posisinya kian nyaman dengan kehadiran meja lipat yang ditambatkan pada jok baris pertama.

Hanya saja penumpang yang duduk di bagian tengah tidak mendapatkan akses yang sama. Posisi duduk yang sedikit lebih tinggi ditambah dengan kehadiran gundukan pada bagian tengah cukup signifikan memangkas kenyamanan.

Berbincang mengenai bagasi, Tiguan Allspace punya tiga pilihan volume. Besar kecilnya tergantung jumlah bangku yang dilipat. Jika bangku ketiga dan kedua dilipat, maka akan mendapatkan ruang lapang yang cukup lega sehingga bisa membawa barang yang cukup banyak.

Mengenai kenyamanan dan keamanan, mobil Jerman ini tak perlu diragukan lagi. Fitur Volkswagen Active Info Display yakni layar 12.3 inci  informasi multifungsi cukup informatif memberikan data pada pengemudi.

Pada bagian tengah konsol terdapat layar sentuh berwarna 8,0 inch advance infotainment “composition media” dengan fitur mirror link yang akan memberikan pengalaman menyenangkan saat berkendara. Kenyamanan saat berkendara di dalam kabin juga disuguhkan 3 Zone Climatronic AC dimana kontrol intensitas udara dan otomatisasi resirkulasi udara memastikan suhu yang dapat diatur sesuai kebutuhan individu pengemudi, penumpang depan dan penumpang di kursi belakang.

Tiguan Allspace tentu bukan satu-satunya pilihan yang ada di pasar nasional. Namun selain menawarkan pilihan teknologi bercitra-rasa Jerman juga memberikan pilihan harga yang cukup menarik, mulai angka Rp 625 juta . Komposisi ini cukup menjadikannya sebagai sesuatu yang pantas diperuntukkan sebagai SUV pahlawan keluarga.