Diproduksi di Indonesia, Harga VW Tiguan Allspace Lebih Kompetitif
Posted on October 19, 2019

Volkswagen (VW) telah hadir di Indonesia sejak 1952. Sampai saat ini VW masih eksis di pasar otomotif Indonesia. Dalam upaya mengembangkan merek VW di Indonesia, PT Garuda Mataram Motor (GMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Audi dan VW di Indonesia membangun fasilitas produksi mobil di Cikampek, Jawa Barat melalui anak perusahaan Indomobil PT National Assemblers. Di pabrik ini VW Tiguan Allspace diproduksi kemudian.

GMM memilih untuk memproduksi Tiguan Allspace, mengingat segmen Sport Utility Vehicle (SUV) tengah naik daun di Indonesia. Di samping itu pula, pihaknya ingin menawarkan VW Tiguan Allspace dengan harga lebih kompetitif kepada konsumen sekaligus pecinta mobil VW di dalam negeri.

“Kami sengaja memproduksi Volkswagen di Indonesia sehingga lebih banyak orang dapat memiliki mobil merek Volkswagen karena dengan diproduksi di Indonesia harga menjadi lebih kompetitif,” ungkap Andrew Nasuri, Presiden Direktur GMM, di Jakarta, Rabu (2/10/2019).

Lantas seberapa kompetitif harga VW Tiguan Allspace produksi lokal dibandingkan dengan sebelumnya yang masih berstatus Completely Built Up (CBU)? Jonas Chendana selaku Chief Operating Officer PT GMM membeberkan bahwa ada penurunan harga bila dibandingkan dengan Tiguan model sebelumnya yang masih CBU. Penurunannya cukup signifikan, sekira Rp90 jutaan.

“Sebelum kami mendatangkan Tiguan Allspace, kami menjual New Tiguan. Itu harganya Rp650 juta waktu itu 1 Euro setara Rp13 ribu sampai Rp14 ribu. Ketika dengan nilai tukar Euro sekarang harganya langsung Rp695 juta cenderung menjadi Rp700-an (juta). Itu yang Tiguan yang lima penumpang. Sekarang Tiguan yang diproduksi di Indonesia harganya Rp598 juta, jadi jarak perbedaan harganya lumayan jauh. Jadi yang diuntungkan konsumen walaupun kami harus berinvestasi,” terang Jonas.

Pembangunan fasilitas pabrik produksi mobil VW di Cikampek, menurut Andrew merupakan salah satu upaya GMM dalam mendukung pertumbuhan industri otomotif di Tanah Air. Untuk sementara waktu, pabrik tersebut hanya memproduksi Tiguan Allspace.

“Fasilitas produksi Volkswagen di Indonesia berdiri di tanah seluas 60.000 meter persegi diharapkan akan mampu memproduksi 6.000 unit Volkswagen setiap tahun, dengan fokus pertama pada Volkswagen Tiguan Allspace, sebuah mobil keluarga yang cocok untuk pasar Indonesia” tutur Andrew.

Pembangunan pabrik untuk memproduksi mobil VW diharapkan dapat mengingatkan konsumen Indonesia akan nama besar Volkswagen serta dapat mengembalikan kejayaan nama besar Volkswagen yang memiliki sejarah panjang di Indonesia.